Pages

Sunday, April 27, 2014

Mengenal Animasi Blender Dasar



Mengenal Navigasi View Point
  • Zooming.
Memperbesar tampilan objek IN atau OUT ada beberapa cara diantaranya dengan scroll pada mous, dengan cara menggerakan kedepan sebagai IN dan kebelakang sebagai OUT.
  • Panning.

                Ctrl+Scroll
   Dengan menekan Ctrl dan mengerakan scroll pada mous ke depan dan ke belakang untuk menggerakan lembarkerja ke kiri dan ke kanan.
  
             Shift + Scroll
   Dengan menekan Shift dan mengerakan scroll pada mous ke depan dan  belakang untuk menggerakan lembar kerja ke bawah dan atas.

        Shift + klik Scroll
   Dengan menekan shift dan klik scroll pada mous lalu drag untuk menggerakan lembar kerja ke semua arah.
   Klik Scroll dan Drag untuk melihat objek dari sisi manapun.
3.       Numpad.
Untuk melihat dari sudut pandang (perspektif), salah satu caranya adalah dengan numpad. Berikut daftarnya:
Belakang
Ctrl + Numpad 1
Depan
Numpad 1
Kiri
Ctrl + Numpad 3
Kanan
Numpad 3
Bawah
Ctrl + Numpad 7
Atas
Numpad 7
Camera
Numpad 0
+
Zoom In  (memperbasar / mendekati objek )
-
Zoom Out ( memperkecil / jauh dengan objek)

Navigasi Objek
Ada dua navigasi objek “G.R.S” dan Manipulator  diantaranya sebagai berikut :
·      G.R.S
G = ( grab /  Translate )
R = ( Rotate )
S = ( Scale )
Cara penggunaanya yaitu sebagai berikut :

Ø Grab / Translate
Pilih objek yang akan dipindah lokasinya, kemudian tekan “G”, gerakkan mouse dan posisikan objek ke tempat yang diinginkan, kemudian tempatkan objek dengan menklik kiri  pada mouse.
Alt + G  untuk mereset kembali ke posisi awal.

Ø Rotate
Pilih objek yang akan diputar, kemudian tekan “R”, gerakkan mouse untuk memutarnya, kemudian klik kiri  pada mouse.
Alt + R  untuk mereset kembali ke posisi awal.

Ø Scale
Pilih objek yang akan diubah ukurannya, kemudian tekan “S”, gerakkan mouse untuk mengubah ukurannya, kemudian klik kiri  pada mouse.
Alt + S  untuk mereset kembali ke posisi awal.

Ø Transform pada salah satu sumbu saja
Contoh: Setelah objek dipilih, tekan “G”->“X” untuk menggeser objek hanya pada sumbu X.
Tekan “G” -> “Y” untuk sumbu Y, dan “Z” untuk sumbu Z.
Cara ini berlaku juga untuk Rotate dan Scale,  misalnya dengan menekan “S” -> “Y”.
Ø Mengunci salah satu sumbu
Fitur ini gunanya jika kita ingin melakukan transform hanya pada kedua sumbu saja (misal X dan Y saja, tapi tidak untuk Z).
Shortcutnya : “S” -> “shift+(sumbu yg ingin dikunci)”
Contoh: tekan “S” -> “shift+z” = untuk mengubah ukuran hanya ke arah sumbu X dan Y saja.

·      Manipulator
Translate Widget





Klik tahan dan geser (Drag and Drop) pada salah satu panah untuk menggeser objek ke arah yang ditunjuk panah tersebut.


 Rotate Widget


Aktifkan Rotate Widget dengan mengklik tombol no 2 pada gambar diatas. Setelah widget nampak seperti gambar disamping, klik tahan dan geser (Drag and Drop) pada kurva yang berwarna untuk memutar objek.


Scale Widget


Aktifkan Scale Widget. Setelah widget nampak seperti gambar diatas, klik tahan dan geser (Drag and Drop) di kotak kecil pada widget untuk mengubah ukuran objek.

Memasukkan sebuah nilai untuk transform.
Pilih objek yang akan dipindah lokasinya.
Tekan “g” kemudian tentukan ke sumbu mana objek akan digeser, lalu masukkan sebuah nilai yang menyatakan seberapa jauh objek akan digeser.
Contoh:
Tekan “g” -> “y” (menggeser pada sumbu Y)-> ketik angka 3 -> tekan enter.
Langkah tersebut akan menggeser objek sebanyak 3 blender unit kearah sumbu Y positif.
Cara tersebut juga berlaku untuk Rotate dan Scale.

Keterangan untuk Rotate :
Untuk Rotate, nilai yang dimasukkan berarti derajat perputaran. Nilai 180 berarti memutar objek sejauh 180 derajat.

Keterangan untuk Scale :

Untuk Scale, nilai yang dimasukkan berarti pengali ukuran. Nilai 2 berarti objek diperbesar sebesar 2 kali lipat. Nilai 0.5 berarti diperkecil menjadi setengahnya.
·      Pivot Point
Peranan dari pivot point ini adalah seperti engsel pada pintu. Jika pintu adalah objeknya, maka engsel pintu adalah pivot point-nya.


Berikut penjelasannya satu persatu.
Pertama2, pastikan anda berada pada mode: Object Mode, kemudian tekan NumPad 7 untuk memandang dari arah atas. Pastikan juga bahwa 3D Cursor nampak di layar, karena objek baru akan ditempatkan di posisi dimana 3D Cursor berada.


Tekan "Shift + a" untuk memunculkan menu add object. Setelah itu, pilih mesh -> monkey. Kita akam menambah satu monyet disini ..


Tempatkan mesh monkey tersebut di sisi cube. Pastikan pivot point berada pada Median Point. Tampak seperti gambar berikut :




Tekan “r” kemudian gerakan mouse. Kedua objek akan berputar dengan “engsel” di tengah (diantara ke-2 nya)
Ganti pivot point menjadi individual origin, kemudian putar objek, akan terlihat bahwa objek akan berputar pada porosnya masing-masing.

Pivot "3D Cursor"
Membuat poros perputaran ada pada 3D Cursor.

Pivot "Bounding Box Center"

Poros perputaran akan berada pada kotak kontainer imajiner yang melingkupi seluruh objek yang dipilih. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di gambar :


Kotak hijau adalah kotak imajiner, dan dapat terlihat bahwa widget berada di tengahnya.

Pivot point “Active Element”
Poros perputaran akan berada pada objek yang aktif. Objek aktif akan ditandai dengan warna border yang berbeda, yaitu orange muda. Jika anda memilih dua objek dengan menekan shift + mouse1, maka objek aktif adalah objek yang terakhir dipilih.

Dalam mengubah ukuran objek (Scaling) pivot point juga berpengaruh. Pivot point akan berlaku sebagai patokannya. Silahkan dicoba !

Ringkasan Shortcut
b = Mengaktifkan tool untuk memilih beberapa objek sekaligus.
a = Memilih semua objek yang ada.
n = Memunculkan Transform Properties
g = Memindah posisi objek (translate)
r = Memutar objek (rotate)
s = Mengubah ukuran objek (scale)
x = Menghapus objek yang dipilih (sama dengan "Delete")
shift + a = Membuka menu untuk menambah objek (menu Add)



by: ndo-Up


  

               

No comments:

Post a Comment