Pages

Sunday, April 27, 2014

Membuat Kursi dengan Blender



Animasi ( Blender )
Bag 2
Membat kursi megunakan tampilan awal cube/ kubus, dengan object mode kubus di pipihkan, posisi kubus dalam keadaan Front Ortho atau klik “1”, zoom objek biar kelihatan lebih jelas dan ubah object mode menjadi edit mode atau dengan menekan “Tab”.








Klik “s + z” tanpa megekilk mouse  dan drag , klik kiri untuk ok. Jadilah sebuah papan.

Posisikan papan jadi Top Ortho atau klik “ 7 “à posisikan kursor pada sumbu “x” à klik “Ctrl + R”= Loop Cut à scrool pada mouse dan buat menjadi beberapa bagianà Klik 2x untuk ok . lakukan yang sama dengan posisi kursor pada sumbu “y” dan menadi seperti di atas.

ubah posisi papan jadi Front Orthoà seleksi bagian bawah untuk membuat kaki kursi dengan face selectà ubah posisi papan jadi Front Ortho dan klik “e” = Extrude + sumbu “z” untuk mengarah kebawahà lakukan dengan beberapa jeda seperti di atas untuk membuat penyangga kaki meja.
  

Seleksi bagian kaki yang saling berhadapan dengan klik shiftàdelete/ klik “x” dan pilih faces,  ubah face select jadi edge select  à seleksi bagian yang saling berhadapan 1 per 1 dan face=”f” untuk menggabungkanà buat sampai bentuk seperti di atas.
  
Membuat penyangga selayaknya kursi beneran, Ubah posisi jadi user ortho / klik “3”à taruh kursor pada penyangga yang di bat tadi, Ctrl+”r” gunakan rooll cukup skali saja dan klikà klik “s + y”  ketikan 0.5 untuk skalanya. Lakukan yang sama dengan yang satunyaà seleksi yang berhadapan lalu deleteà klik “f” untuk menyambungkan dengan gadapanya. Dan jadilah seperti di atas.
Langkah selanjutnya membuat sandaran pada kursi...

Ubah posisi mrnjadi front ortho lihat bagian atas dan sleksi untuk membuat sandaranya,à stelah di seleksi ubah kefrot ortho lagià”e+z” drag keatas lalu klik kiri ketika selesai. Lakukan bertahap sperti gambar di atas.
Membuat papan sandaranya...


Posisi kursor tetap face selectà klik “e+y+s” à ketikan size 0.4 à”x” untuk deleteàfaces, lalkukan dengan yang satunya. Seleksi bagian yg berhadapan untuk membuat papan sandaran, ubah kursor di  edge select à seleksi bagian yang berhadapan dan klik “f” untuk menyambung. Lakukan seterusnya seperti diatas.
Klik tab untuk melihat hasil mentah, jika ingin menghaluskan pke modifiersàadd modifieràsubdifision surfaceà ubah view jadi 2 / 3.. ( jangab terlalu besar, jika terlalu besar pc / leptop anda jadi lemot...

Tunjukan kreasimu dan slamat mencoba..... 

No comments:

Post a Comment