Pages

Tuesday, April 29, 2014

Membuat mug dengan Blender



MEMBUAT MUG 

Awal mula hapus kubus atau tekan “x” lalu delete, shift+”a”à pilih mashà cylinder, jadinya seperti dibawah ini.


Ubah vetices yang mulanya 32 menjadi 17, atau klik F6 untuk megubah Verticesnya, vertices adalah garis-garis sudut.


 Ubah jadi edit mode atau klik Tabàface selectàseleksi bagian atasà klik “x” untuk mendeleteà vaces, untuk menebalkan dan biar tidak kelihatan tajam pilih Modifiersà add modifierà solidify,  ubah thickness menjadi 0,15 à Apply. Fungsi Apply adalah untuk mengunci objek biar tidak bisa di edit lagi.

Tampilkan front ortho atau klik angka “1”, dekatkan kursor pada objekà ctrl+Rà putar scroll pada mous sesuai keinginan, pilih face selectà seleksi bagian sambil menakan shift( lihat gambar)à klik “3” atau posisi right orthoà klik “e”drag tanpa menekan apapunà klik untuk slesai, jadi seperti diatas.

Seleksi bagian atas gagangà klik “s+e+x (pada sumbu x)+ r (untu rotate)”à ketikan 45 , lakukan juga dengan gagang yang bawahnya dan ketikan -45 untuk rotate-nya, Seperti gambar diatas. Lalu delete bagian yang di sleksi tadi “x”à vaces, ubah ke mode edge select dan deleksi bagian gagang yg berhadapan klik “f” untuk menyambung, lakukan sampai tertutup, lihat gambar di atas.


Pilih modifiers à add modifierà subdivision surfaceàubah view menjadi 2 atau 3à pilih tanda segitiga pada add modifier, lihat gambar di atas.


Edit betuk mug sesui selera bagian dalam dan luarà Tab atau ubah jadi ojek modeà klik smooth untuk memperhalusnya...

Hasil akhir dngan sedikit polesan matrial, tinggal membuat tatakan dan tutup mug,.... selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment